Apa Saja Jenis Pengobatan Kanker Payudara Selain Kemoterapi?

Apa Saja Jenis Pengobatan Kanker Payudara Selain Kemoterapi?
(Foto: https://pixabay.com/id/photos/instrumen-bedah-tangan-teknisi-81489/)

Perawatan kanker payudara menggunakan dokter dari beberapa spesialisasi pengobatan. Ada spesialis bedah, radiasi onkologi, dan onkologi medis. Pengobatan kanker payudara selain kemoterapi yaitu dengan operasi. Kondisi biologis dan perilaku kanker payudara akan mempengaruhi rencana pengobatannya. Beberapa tumor bisa lebih kecil namun tumbuh dengan cepat, ada juga yang besar namun tumbuh lambat. Apa Saja Jenis Pengobatan Kanker Payudara Selain Kemoterapi?. Berikut ulasanya.

Pengobatan Kanker Payudara dengan Operasi

Stadium tumor mempengaruhi pilihan pengobatan pada pasien. Selain itu usia pasien dan kesehatan umum juga menjadi pertimbangan lain. Meskipun tim perawatan kanker akan menyesuaikan dengan kondisi setiap pasien, namun ada beberapa langkah umum untuk mengobati kanker payudara.

Dokter umumnya merekomendasikan operasi untuk mengangkat tumor apakah itu pada stadium awal atau saat sudah berkembang. Guna memastikan bahwa seluruh tumor diangkat, ahli bedah akan mengangkat area kecil jaringan sehat di sekitar tumor. Tujuan pembedahan, yaitu mengangkat semua kanker yang terlihat di payudara, namun sel-sel mikroskopis bisa saja tertinggal.

Pada beberapa situasi, operasi lain dibutuhkan untuk mengangkat sel kanker yang tersisa. Sel mikroskopis bisa berada di luar payudara sehingga perlu pengobatan sistemik dengan obat-obatan. Pada kanker yang lebih besar, dokter bisa merekomendasikan pengobatan kemoterapi atau terapi hormonal sebelum operasi.

Perawatan Pasien Kanker Payudara setelah Operasi

Setelah operasi, langkah selanjutnya yaitu menurunkan risiko penyakit kanker kambuh dan menyingkirkan sel kanker yang tersisa. Sel kanker bisa tidak terdeteksi saat tes namun dapat diyakini bertanggung jawab atas kekambuhan kanker. Dokter memberikan perawatan setelah operasi berupa “terapi adjuvant”. Terapi ini bisa berupa terapi radiasi, kemoterapi, terapi bertarget, dan/atau terapi hormonal.

Pengobatan kanker payudara selain kemoterapi dapat dilakukan sesuai dengan saran dari dokter dan kondisi pasien. Terapi setelah operasi ini juga tergantung pada kemungkinan sel kanker tetap ada di payudara. Terapi dapat menurunkan risiko kambuh, tapi tak sepenuhnya menghilangkan risiko.

Seiring stadium kanker, dokter bisa menggunakan alat lain untuk memperkirakan prognosis. Ini termasuk tes yang bisa memprediksi risiko kambuh dengan menguji jaringan tumor pasien. Tes ini membantu memahami apakah kemoterapi akan membantu mengurangi risiko kambuh.

Jadi, dokter bisa melakukan pengobatan kanker payudara selain kemoterapi. Operasi menjadi langkah awal untuk pengobatan kanker jenis ini. Setelah itu baru dengan terapi lain yang bisa mengurangi risiko agar tidak kambuh.

Demikian ulasan Apa Saja Jenis Pengobatan Kanker Payudara Selain Kemoterapi. Semoga bermanfaat.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *