Alat dan Bahan Membuat Kerajinan Tangan dari Kain Flanel

Alat dan Bahan Membuat Kerajinan Tangan dari Kain Flanel
(Foto: https://unsplash.com/photos/tZIrJ3CgK_Y)

Tidak perlu keahlian khusus untuk membuat karya tangan dari kain flanel. Kegiatan ini menjadi kerajinan yang mudah dilakukan. Bahkan oleh orang yang tidak bisa menjahit. Bila ditekuni, omzet dari bahan dasar kain ini sangat menguntungkan. Alat dan bahan membuat kerajinan tangan dari kain flanel juga mudah ditemukan.

Gunting

Dalam membuat prakarya apapun, gunting wajib disiapkan. Alat ini berguna untuk memotong kain flanel. Karena jenis kain ini tersedia dalam bentuk lembaran. Sehingga perlu dipotong agar membentuk benda. Perlengkapan kerajinan tangan ini terbuat dari bahan logam. Dari bentuknya, memang ditujukan untuk memotong bahan tipis.

Jarum dan Benang

Suatu pola ada yang memerlukan benang agar dua sisi bisa menempel. Jarum dan benang merupakan dua benda yang tidak bisa terpisahkan. Karena untuk menjahit dibutuhkan dua alat tersebut. Dalam karya tangan dari flanel, jahitan benang mengikuti pola tertentu.

Pola

Agar bentuk yang diinginkan presisi, maka membutuhkan pola. Model bisa langsung digambar pada kain flanel. Bisa juga membuat pola dari kertas terlebih dahulu. Kemudian potongan kertas berpola dicetak pada kain. Ini merupakan cara yang mudah bagi pemula. Juga langkah yang aman agar tidak salah memotong bahan flanel.

Manik-manik

Bahan membuat kerajinan tangan dari kain flanel yang lain adalah manik-manik. Benda ini biasanya berukuran kecil. Biasanya ditempatkan untuk menegaskan atau menutupi suatu bagian. Misalkan pada boneka jari, manik-manik ditempel pada bagian mata. Sifatnya lebih sebagai hiasan yang dekoratif. Benda kecil ini juga disebut dengan mote.

Lem Tembak

Kegunaan lem tembak sangat menguntungkan pengrajin kain flanel. Berkat alat ini, kain dapat merekat dengan mudah. Perangkat ini bekerja dengan cara memanaskan bahan adhesive. Bentuk lemnya panjang seperti lilin. Tapi diameternya lebih kecil. Daya rekatnya sangat baik dan cepat mengering.

Dakron

Jenis dakron yang biasa digunakan untuk kerajinan kain flanel berbentuk kapas. Sebenarnya nama ini merupakan merek dagang dari serat polyester sintetis. Sering dimanfaatkan pula sebagai isian bantal dan boneka.

Bahan membuat kerajinan tangan dari kain flanel tergolong murah. Meski begitu, tangan yang kreatif dapat mengembangkan menjadi karya yang berharga sehingga terlihat sangat menarik dan layak jual.

Demikian info Alat dan Bahan Membuat Kerajinan Tangan dari Kain Flanel. Semoga bermanfaat.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *