7 Hebatnya Manfaat Air Kelapa Muda Bagi Kesehatan Tubuh

7 Hebatnya Manfaat Air Kelapa Muda Bagi Kesehatan Tubuh
(Foto: https://pixabay.com/id/photos/)

Air kelapa muda merupakan salah satu minuman yang dapat melegakan dahaga. Apalagi dinikmati ketika siang hari yang terik, tentu lebih menyegarkan. Namun, ternyata air kelapa muda tidak hanya bermanfaat untuk menghilangkan dahaga. Yuk, kita simak 7 Hebatnya Manfaat Air Kelapa Muda Bagi Kesehatan Tubuh.

Mencegah Risiko Dehidrasi

Dehidrasi merupakan kondisi di mana tubuh kehilangan cairan. Salah satu penyebabnya adalah olahraga atau aktivitas fisik lainnya. Air kelapa mengandung elektrolit yang dapat menggantikan cairan tubuh yang hilang. Selain itu, air kelapa juga merupakan isotonik alami yang baik bagi tubuh.

Menangkal Radikal Bebas

Ketika tubuh terkena paparan radikal bebas, ini akan memicu kondisi stres oksidatif yang dapat mengakibatkan kerusakan sel. Air kelapa mengandung antioksidan yang salah satu fungsinya adalah menangkal radikal bebas.

Membantu Sistem Pencernaan dan Metabolisme Tubuh

Air kelapa baik dikonsumsi untuk mengantasi keluhan pada pencernaan, seperti mual, muntah, dan diare. Dikarenakan kandungan enzim yang terdapat pada air kelapa dapat membantu memperbaiki sistem pencernaan dan metabolisme tubuh.

Mengendalikan Tekanan Darah

Manfaat air kelapa muda lainnya adalah membantu mengendalikan tekanan darah, terutama bagi penderita hipertensi. Hal ini berdasarkan penelitian yang menunjukkan penderita darah tinggi yang rutin mengonsumsi air kelapa muda, tekanan darahnya mengalami penurunan.

Mencegah Penuaan Dini

Air kelapa mengandung sitokinin yang berperan mencegah penuaan dini. Hormon sitokinin termasuk hormon pertumbuhan yang bermanfaat sebagai antipenuaan, antikarsinogenik, serta anti pembekuan darah (antitrombotik).

Menurunkan Risiko Terkena Penyakit Jantung

Salah satu faktor yang dapat memicu penyakit jantung adalah tingginya kadar kolesterol dalam darah. Kandungan air kelapa dipercaya dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah sehingga mencegah terjadinya penumpukan lemak yang dapat mengakibatkan serangan jantung.

Menurunkan Risiko Batu Ginjal

Ketika kalsium, asam oksalat, atau komponen lainnya mengendap menjadi kristal maka akan memicu terbentuknya batu ginjal. Berdasarkan sebuah penelitian menunjukkan bahwa konsumsi air kelapa dapat mencegah terjadinya penumpukan kristal yang menempel di ginjal atau saluran kemih.

Ternyata manfaat air kelapa muda sangat banyak untuk kesehatan. Yuk, minum kelapa muda untuk menjaga kesehatan dan mencegah penyakit.

Demikian 7 Hebatnya Manfaat Air Kelapa Muda Bagi Kesehatan Tubuh. Semoga bermanfaat.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *