7 Cara Mengecek Kesehatan Jantung yang Perlu Diketahui

7 Cara Mengecek Kesehatan Jantung yang Perlu Diketahui
(Foto: https://pixabay.com/id/photos/stroberi-buah-jantung-sehat-vitamin-5177731/)

Tanda jantung sehat adalah indikasi yang dapat digunakan untuk mengetahui kesehatan jantung. Sehingga kita dapat waspada dan menghindari gangguan pada jantung. Berikut ini adalah 7 Cara Mengecek Kesehatan Jantung yang Perlu Diketahui dan dapat kita cek secara mandiri, di antaranya adalah:

Memiliki Energi Yang Memadai

Jantung yang sehat akan berperan secara optimal. Salah satu manfaat yang dirasakan oleh tubuh adalah adanya energi yang memadai ketika beraktivitas. Sehingga orang yang jantungnya sehat tidak akan mudah lelah walaupun banyak melakukan aktivitas fisik.

Denyut Jantung 70 Ssampai Dengan 80 Denyut Per Menit

Denyut jantung yang sehat adalah sekitar 70–80 denyut per menit. Tetapi, hal ini dapat bervariasi pada tiap individu, bergantung dari aktivitas yang dilakukannya. Orang yang sering melakukan aktivitas fisik layaknya atlet, memiliki denyut jantung sekitar 40 denyut per menit.

Pernapasan Yang Sehat

Tanda jantung sehat berikutnya adalah pernapasan yang sehat. Anda dapat mengecek kesehatan pernapasan dengan berlari ringan atau menaiki tangga. Jika napas Anda tetap normal dan tidak tersengal-sengal, ini bukti jantung Anda normal.

Tenang Ketika Menghadapi Situasi Sulit

Jantung yang kuat membuat Anda lebih tenang ketika berada dalam situasi yang sulit. Berbeda halnya jika jantung Anda lemah, situasi yang sulit dapat membuat fungsi jantung terganggu yang dapat berimbas pada serangan jantung.

Tekanan Darah 120/80 mmHg

Tekanan darah yang berada pada kisaran 120/80 mmHg merupakan tanda jantung sehat. Angka 120 menunjukkan tekanan pada arteri dan 80 menunjukkan tekanan otot jantung.

Tidak Pernah Atau Jarang Sesak Napas

Jika Anda tidak pernah mengalami sesak napas atau nyeri di area dada, hal ini pun termasuk tanda jantung Anda sehat.

Berat Badan Yang Ideal

Berat badan yang ideal termasuk ciri jantung yang sehat. Karena berat badan yang berlebih (obesitas) dapat menyebabkan gangguan pada jantung.

Sekarang, Anda sudah tahukan tanda jantung sehat adalah ketika jantung dapat menjalankan perannya dengan maksimal. Sehingga memberikan pengaruh yang positif bagi tubuh dan 7 Cara Mengecek Kesehatan Jantung diatas bisa anda lakukan sendiri di rumah.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *