6 Tips Menurunkan Tekanan Darah Tinggi dengan Mengubah Pola Hidup

6 Tips Menurunkan Tekanan Darah Tinggi dengan Mengubah Pola Hidup
(Foto: https://pixabay.com/id/photos/diet-vernier-sandwich-695723/)

Seseorang yang didiagnosis memiliki tekanan darah tinggi mungkin akan diberikan pengobatan medis. Selain medikasi, sebenarnya mengubah gaya hidup merupakan tips menurunkan tekanan darah tinggi. Jika sukses mengendalikan tekanan darah dengan gaya hidup sehat maka medikasi bisa dikurangi atau bahkan tidak diperlukan. Berikut 6 Tips Menurunkan Tekanan Darah Tinggi dengan Mengubah Pola Hidup.

Penderita darah tinggi tak hanya orang tua saja. Banyak yang belum terlalu tua namun memiliki tekanan darah tinggi. Penyebabnya bisa jadi karena pola hidup dan pola makan yang kurang sehat.

Berikut tips menurunkan tekanan darah tinggi dengan mengubah pola hidup.

Mengurangi Berat Badan

Tekanan darah sering bertambah karena pertambahan berat badan. Orang yang kelebihan berat badan ada baiknya untuk berupaya menurunkan berat badannya. Selain itu perlu memperhatikan ukuran pinggang. Laki-laki berisiko jika ukuran pinggangnya lebih dari 102 cm, sedangkan perempuan berisiko jika lebih dari 89 cm.

Berolahraga Secara Teratur

Olahraga secara teratur sangat baik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan termasuk dapat menurunkan tekanan darah. Perlu untuk konsisten dalam berolahraga, misalnya 30 menit setiap hari.

Makan Makanan Sehat

Tips menurunkan tekanan darah salah satunya makan makanan sehat. Makanan yang cocok untuk penderita tekanan darah, yaitu yang mengandung potasium. Buah-buahan dan sayuran alami lebih baik dikonsumsi daripada suplemen.

Mengurangi Sodium Dari Menu Makanan

Sodium atau garam yang berlebih tidak baik untuk tekanan darah. Sebaiknya mengurangi jumlah sodium dalam menu makanan. Penderita tekanan darah tinggi sebaiknya mengurangi makanan olahan. Pilih makanan dan minuman yang rendah sodium.

Mengurangi Stres

Stres yang kronis bisa berkontribusi pada meningkatnya tekanan darah. Lakukan kegiatan positif guna meredakan stres. Kurangi ekspektasi yang berlebihan terhadap sesuatu dan hindari penyebab dari stres tersebut.

Berhenti Merokok

Setiap rokok yang dihisap dapat meningkatkan tekanan darah seseorang. Sebaiknya memilih untuk berhenti merokok agar tekanan darah bisa kembali normal. Berhenti merokok juga dapat mengurangi risiko berbagai macam penyakit lainnya.

Menjalankan tips menurunkan tekanan darah tinggi tersebut perlu mendapat dukungan dari sekitar agar berjalan efektif. Anggota keluarga lainnya perlu mendukung untuk ikut mengubah pola hidup keluarga yang lebih sehat.

Demikian 6 Tips Menurunkan Tekanan Darah Tinggi dengan Mengubah Pola Hidup. Semoga bermanfaat.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *