6 Cara Mencegah Terinfeksi Virus Corona Bagi yang Belum Divaksinasi

6 Cara Mencegah Terinfeksi Virus Corona Bagi yang Belum Divaksinasi
(Foto: https://covid19.go.id/)

Covid-19 merupakan pandemi yang telah menyebar ke seluruh dunia, termasuk Indonesia. Banyak orang yang terinfeksi virus ini, ada yang mampu bertahan namun ada juga yang tidak. Tentunya semua orang tidak ingin tertular penyakit ini apalagi yang memiliki komorbid. 6 Cara Mencegah Terinfeksi Virus Corona Bagi Masyarakat yang Belum Divaksinasi. Cara mencegah terinfeksi virus corona dapat dilakukan dengan menjaga kesehatan diri sendiri dan vaksinasi.

Vaksin bisa menjadi salah satu benteng yang bisa mencegah covid. Bagi yang belum divaksinasi, tentunya protokol kesehatan harus lebih ketat dilakukan. Apalagi jika berada di negara yang memang rata-rata masyarakatnya belum divaksinasi.

Berikut ini cara mencegah terinfeksi virus corona untuk masyarakat yang belum divaksinasi.

Menggunakan Masker dengan Tepat

Jangan lupa untuk menggunakan masker, terutama saat berada di dekat orang lain atau saat keluar rumah. Masker yang digunakan juga harus memenuhi standar, yaitu menutup hidung, mulut, dan dagu, serta tidak longgar.

Menjaga Jarak dengan Orang Lain

Meskipun sudah menggunakan masker, perlu untuk tetap menjaga jarak dengan orang lain. Jangan terlalu dekat saat berbicara dengan orang lain.

Selalu Menghindari Kerumunan

Hindari kerumunan orang-orang karena ini bisa menjadi tempat penularan virus. Jangan datang ke tempat atau kegiatan yang mengundang kerumunan. Tunda mengadakan acara dengan mendatangkan banyak orang.

Menghindari Bersosialisasi

Tak hanya kerumunan, bersosialisasi dengan orang lain sebaiknya juga dihindari. Di masa pandemi ini berhubungan dengan teman atau kerabat tidak harus bertemu langsung. Apalagi saat ini komunikasi bisa lebih mudah dilakukan lewat telepon, chat, atau video call.

Mencuci Tangan dengan Sabun

Cuci tangan dengan sabun setelah melakukan aktivitas. Tangan bisa menjadi tempat bersarangnya penyakit seperti virus karena banyak digunakan untuk menyentuh benda-benda

Menjaga Imunitas Tubuh

Imunitas tubuh dapat ditingkatkan dengan cara makan makanan bergizi, kaya vitamin, dan mineral. Selain itu pikiran yang positif dan rileks juga bisa membantu menjaga kesehatan tubuh.

Cara mencegah terinfeksi virus corona tersebut dapat dilakukan bagi yang belum mendapatkan vaksinasi. Namun segera mungkin untuk mendapatkan vaksinasi jika tersedia. Perlu aktif untuk mencari informasi tentang ketersediaan vaksin di daerah masing-masing. Setelah vaksinasi pun tetap perlu menjaga diri terutama di negara seperti Indonesia yang belum tercipta herd immunity.

Demikian 6 Cara Mencegah Terinfeksi Virus Corona Bagi Masyarakat yang Belum Divaksinasi. Semoga bermanfaat.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *