5 Tipe Penyakit Darah Tinggi yang Perlu Diketahui

(Foto: https://pixabay.com/id/photos/hipertensi-tekanan-darah-tinggi-867855/)

Hipertensi merupakan istilah medis dari tekanan darah tinggi. Medikasi atau pengobatan tidak direkomendasikan kecuali memiliki faktor risiko tinggi. Orang-orang yang tekanan darahnya di atas normal lebih baik menerapkan perubahan gaya hidup. Tipe penyakit darah tinggi sendiri sempat mengalami perubahan klasifikasinya. Pengobatan hanya untuk penderita yang memiliki faktor risiko lain seperti penyakit jantung atau riwayat keluarga. Berikut 5 Tipe Penyakit Darah Tinggi yang Perlu Diketahui.

Primary Hypertension

Primary hypertension atau hipertensi primer merupakan yang sering dialami oleh kebanyakan orang dewasa. Penyebabnya tidak spesifik, lebih pada kombinasi genetika, gaya hidup, diet dan usia. Perubahan pola makan dan gaya hidup dapat menurunkan tekanan darah dan risiko komplikasinya.

Secondary Hypertension

Hipertensi sekunder adalah hipertensi yang penyebabnya dapat diidentifikasi dan berpotensi reversibel. Penderita tipe penyakit darah tinggi sekunder ini hanya sekitar 5 sampai 10 persen, dan umumnya pada orang yang lebih mudah. Penyebab hipertensi sekunder misalnya penyempitan arteri, efek samping obat, alat bantu diet, kelainan tidur, kelainan tiroid, dan lain-lain.

Resistant Hypertension

Hipertensi resisten merupakan tekanan darah tinggi yang sulit dikendalikan dan membutuhkan banyak obat. Orang dengan hipertensi ini tekanan darahnya tetap tinggi meski menggunakan obat penurun hipertensi. Hal ini mungkin karena memiliki hipertensi sekunder namun penyebabnya belum teridentifikasi. Dokter perlu mencari penyebabnya terlebih dahulu untuk mengobati. Selain itu kebanyakan dapat disembuhkan dengan beberapa obat.

Malignant Hypertension

Hipertensi jenis ini merupakan tekanan darah tinggi yang dapat menyebabkan kerusakan organ tubuh. Ini menjadi tipe yang paling parah dengan peningkatan lebih dari 180 mmHg sistolik atau lebih dari 120-130 mmHg diastolik. Namun hipertensi ini jarang terjadi dan lebih tinggi pada populasi orang kulit hitam.

Isolated Systolic Hypertension

Hipertensi sistolik terisolasi merupakan tekanan darah sistolik di atas 140 dan tekanan darah diastolik di bawah 90. Ini jenis yang sering terjadi para orang tua. Dugaan penyebabnya yaitu karena pengerasan pembuluh darah seiring bertambahnya usia.

Pengobatan dan penanganan setiap tipe penyakit darah tinggi tersebut bisa berbeda-beda. Hipertensi yang parah bisa berdampak pada kerusakan organ sehingga harus segera mendapat penanganan medis.

Demikian 5 Tipe Penyakit Darah Tinggi yang Perlu Diketahui. Semoga bermanfaat.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *