5 Jenis Buah untuk Jantung Sehat

5 Jenis Buah untuk Jantung Sehat
(Foto: https://www.pexels.com/id-id/foto/makanan-buah-buahan-lezat-fotografi-makanan-8820851/)

Buah-buahan secara umum merupakan makanan alami yang sehat untuk tubuh. Ada beberapa buah untuk jantung sehat yang juga dapat menurunkan hipertensi. Tekanan darah tinggi sendiri bisa memicu penyakit jantung. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang makan empat atau lebih buah setiap harinya dapat menurunkan risiko hipertensi.

Ada banyak jenis buah yang bagus untuk jantung. Berikut ini 5 jenis buah untuk jantung sehat.

Apel

Studi menunjukkan bahwa makan satu buah atau dua buah apel setiap hari dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Makan apel bisa menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL. Apel kaya akan serat pectin dan antioksidan polipenol. Tidak masalah apakah apel tersebut berwarna hijau, merah, atau keemasan. Semua varietas apel bagus untuk kesehatan.

Aprikot

Aprikot mengandung vitamin A, C, E, dan K. Warna oranye berasal dari karotenoid yang merupakan antioksidan. Tak hanya dalam bentuk segar, aprikot kering memberikan nutrisi yang sama. Buah aprikot kering dapat menjadi camilan yang sehat.

Pisang

Pisang mengandung vitamin B6 dan C. Orang yang memakan pisang juga mendapatkan serat, kalium, dan magnesium. Ketiganya merupakan nutrisi utama yang membantu menjaga tekanan darah. Penelitian menunjukkan bahwa beberapa penyakit jantung dapat dicegah dengan menganalisa level potasium. Pisang sendiri merupakan buah yang kaya akan potasium.

Jeruk

Penelitian menunjukkan bahwa kandungan flavonoid yang terdapat dalam jeruk memiliki kemampuan antoksidan dan anti-inflamasi. Ini bisa membantu mengendalikan tekanan darah serta menurunkan risiko terkena aterosklerosis. Selain itu jeruk juga memberi kalium dan serat yang penting bagi kesehatan tubuh.

Pepaya

Buah pepaya mudah didapatkan di Indonesia. Buah ini baik untuk kesehatan jantung karena dapat menurunkan kolesterol. Pepaya juga dapat membantu menurunkan tekanan darah. Menurut studi, orang yang mengonsumsi suplemen pepaya selama 14 minggu memiliki rasio kolesterol jahat yang lebih baik. Peningkatan rasio kolesterol tersebut berhubungan dengan menurunkan risiko penyakit jantung.

Buah untuk jantung sehat tersebut dapat menjadi tambahan makanan untuk menu sehari-hari. Buah dapat dikonsumsi langsung atau diolah menjadi smoothie dan jus. Selain mengonsumsi buah, perlu untuk memenuhi kebutuhan gizi lainnya. Mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang dapat menjaga agar jantung tetap sehat.

Demikian ulasan 5 Jenis Buah untuk Jantung Sehat. Semoga bermanfaat.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *