5 Contoh Menerapkan Cara Hidup Sehat dan Bersih yang Terbukti Bermanfaat

5 Contoh Menerapkan Cara Hidup Sehat dan Bersih yang Terbukti Bermanfaat
(Foto: https://pixabay.com/id/photos/cuci-tangan-mencuci-tangan-4906750/)

Cara hidup sehat dan bersih membantu seseorang untuk bisa hidup dengan baik. Kebersihan diri dan lingkungan juga berpengaruh pada kesehatan seseorang. Orang yang terbiasa hidup bersih dan sehat cenderung memiliki sikap yang disiplin dan rajin. Ini bisa menjadi sikap dasar yang akan mempermudah seseorang dalam menjalani kehidupan. Berikut ini 5 Contoh Menerapkan Cara Hidup Sehat dan Bersih yang Terbukti Bermanfaat.

Memulai perilaku hidup sehat dan bersih dapat dimulai dari diri sendiri dan lingkungan terdekat. Cara hidup sehat dan bersih, antara lain:

Mandi Secara Rutin

Di negara tropis seperti Indonesia, mandi sebaiknya dua kali dalam sehari. Membersihkan tubuh dengan mandi dapat menghilangkan kotoran yang menempel. Gunakan sabun yang cocok untuk jenis kulit. Selain membersihkan tubuh, mencuci rambut atau keramas juga harus rutin dilakukan. Keramas bisa dilakukan dua hari atau tiga kali sehari.

Memotong Kuku

Kuku merupakan bagian dari tangan yang dapat menyimpan kotoran jika tak dipotong. Sebelum terlalu panjang, sebaiknya segera memotong kuku. Kuku pada tangan akan tumbuh lebih cepat daripada kaki sehingga memotongnya akan lebih sering. Kuku yang panjang tak hanya mudah kotor tapi bisa mengganggu saat beraktivitas.

Menggosok Gigi

Sebaiknya menggosok gigi minimal dua kali dalam sehari. Menggosok gigi dapat meminimalkan akumulasi bakteri yang ada di dalam mulut. Gigi dan gusi yang tidak sehat dapat menyebabkan penyakit. Sejak dini sebaiknya mengajarkan anak-anak untuk terbiasa gosok gigi pada pagi hari dan sebelum tidur.

Mencuci Tangan

Cara hidup sehat dan bersih salah satunya dengan rutin mencuci tangan. Tak hanya di masa pandemi, mencuci tangan secara umum memang penting untuk kebersihan. Tangan merupakan bagian tubuh yang paling banyak menyentuh benda lain. Jadi tangan akan mudah kotor dan perlu sering dibersihkan. Cuci tangan sebelum makan dan setelah melakukan aktivitas.

Makan Makanan Sehat dan Bersih

Membuat makanan sendiri di rumah lebih disarankan. Membeli makanan di luar cenderung tidak mengetahui apakah benar-benar bersih atau tidak. Orang yang memasak sendiri dapat memilih bahan yang sehat dan menjaga kebersihan selama memasak.

Setiap orang bisa menerapkan cara hidup sehat dan bersih. Ada banyak manfaat dengan menerapkan perilaku hidup sehat dan bersih setiap hari. Orang yang bersih secara fisik cenderung memiliki pikiran yang juga sehat.

Demikian 5 Contoh Menerapkan Cara Hidup Sehat dan Bersih yang Terbukti Bermanfaat.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *