4 Tips yang dapat Dicoba Atasi Sesak Napas Covid

4 Tips yang dapat Dicoba Atasi Sesak Napas Covid
(Foto: https://unsplash.com/photos/dvXGnwnYweM)

Sesak napas merupakan salah satu gejala yang dialami oleh orang yang positif Covid-19. Hal ini terjadi karena paru-paru telah terinfeksi virus Covid-19 yang menyebabkannya tidak dapat berfungsi secara optimal. Nah, bagi yang sedang melakukan isolasi mandiri beberapa tips berikut dapat dicoba untuk atasi sesak napas Covid. 4 Tips yang dapat Dicoba Atasi Sesak Napas Covid.

Ukur Saturasi Oksigen Anda

Penting untuk mengetahui saturasi oksigen dari pasien Covid-19. Sehingga pasien yang sedang isolasi mandiri disarankan memiliki pulse oximetry (alat pengukur saturasi oksigen). Hal ini untuk mengecek apakah saturasi oksigen dari pasien normal. Jika saturasi oksigennya kurang dari 90, berarti pasien membutuhkan oksigen tambahan. Salah satunya dengan menggunakan tabung oksigen.

Berbaring dengan Posisi Tengkurap

Ketika Anda mengalami sesak napas, cobalah merelaksasi tubuh dengan berbaring. Setelah itu, untuk menstimulus distribusi oksigen dalam paru-paru merata, Anda dapat berbaring dengan posisi tengkurap. Ulangi hal ini sekitar 30 menit hingga satu jam.

Berbaring dengan Posisi Miring ke Kanan atau Kiri

Selain dengan posisi tengkurap, Anda juga dapat memvariasikan posisi Anda. Caranya berbaring dengan posisi badan miring ke kanan atau kiri. Kemudian, pada bagian kepala dan pinggang taruh bantal, dan letakkan pula bantal diantara paha. Hal ini merupakan cara untuk membantu memperbaiki kadar oksigen di dalam paru-paru.

Metode ini dikenal dengan proning. Proning adalah metode atasi sesak napas Covid yang sedang tren saat ini. Teknik ini bermula dari menipisnya ketersediaan oksigen. Sehingga pasien yang isolasi mandiri disarankan mempraktikkannya untuk memperbaiki gangguan pada sistem pernapasan.

Duduk dengan Disangga Bantal yang Cukup Tinggi

Pasien yang mengalami sesak napas, harus diupayakan merasa nyaman. Selain dengan berbaring, pasien dapat mencoba duduk dengan disangga bantal yang cukup tinggi. Lakukan hal ini sekitar 30 menit untuk membantu melegakan napas yang sesak.

Itulah beberapa tips yang dapat Anda praktikkan untuk atasi sesak napas Covid. Ingat, jangan panik ketika mengalami sesak napas. Tetap tenang dan praktikkan cara di atas. Jika sesak napas berlanjut segera hubungi tenaga medis.

Demikian 4 Tips yang dapat Dicoba Atasi Sesak Napas Covid. Semoga bermanfaat.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *