4 Tips Makanan Sehat Untuk Anda yang Kurang Darah

4 Tips Makanan Sehat Untuk Anda yang Kurang Darah
(Foto: https://pixabay.com/id/photos/salmon-ikan-makanan-laut-3139387/)

Kurang darah atau anemia terjadi saat tubuh tidak memiliki cukup banyak sel darah merah. Penderita anemia bisa memperbaiki kondisinya melalui makanan. Tips makanan sehat untuk kurang darah yaitu yang kaya akan zat besi, vitamin B, dan vitamin C. Penderita anemia juga dapat meminum suplemen untuk menunjang kondisinya. Berikut 4 Tips Makanan Sehat Untuk Anda yang Kurang Darah.

Penderita anemia bisa melakukan perubahan pola makan untuk memperbaiki kondisi tubuhnya. Berikut ini tips makanan sehat untuk kurang darah.

Sayuran Hijau Dan Vitamin C

Sayuran berdaun hijau khususnya yang berwarna gelap merupakan sumber zat besi yang baik. Beberapa sayuran tersebut misalnya bayam, kale, swiss chard, dan brokoli. Namun jangan hanya bergantung pada sayuran untuk mengatasi anemia. Vitamin C membantu tubuh menyerap zat besi. Sebaiknya makan sayuran kaya zat besi tersebut dengan makanan yang mengandung vitamin C.

Daging Merah Dan Unggas

Daging secara umum mengandung zat besi. Daging merah, domba, dan rusa merupakan sumber terbaik dari zat besi. Unggas dan ayam juga mengandung zat besi namun jumlahnya lebih rendah. Penderita anemia bisa membuat menu makanan dengan daging, sayuran hijau, dan buah yang kaya vitamin C. Perpaduan makan tersebut dapat meningkatkan penyerapan zat besi.

Hati

Banyak orang yang menghindari makan organ dalam hewan. Namun hati ternyata merupakan sumber yang baik untuk zat besi. Menu makanan dengan hati sebenarnya lumayan banyak jadi tak perlu bingung untuk mengolahnya. Selain zat besi, hati juga mengandung folat. Beberapa jeroan lain yang kaya zat besi yaitu jantung, ginjal, dan lidah sapi.

Makanan Laut

Beberapa seafood mengandung zat besi. Hewan laut bercangkang seperti tiram, kerang, scallop, kepiting, dan udang mengandung banyak zat besi. Sebagian besar ikan juga memiliki kadar zat besi yang baik. Jenis ikan dengan kadar zat besi terbaik misalnya tuna, ikan kembung, ikan kuwe, salmon, dan lain-lain.

Tips makanan sehat untuk kurang darah tersebut dapat diterapkan untuk menu sehari-hari. Penderita anemia perlu memperhatikan kombinasi makanannya juga. Seperti kalsium yang dapat mengurangi penyerapan zat besi sehingga tidak boleh dimakan bersamaan.

Demikian 4 Tips Makanan Sehat Untuk Anda yang Kurang Darah. Semoga bermanfaat.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *