4 Tips Cara Aman Atasi Sesak Napas pada Anak Kecil

4 Tips Cara Aman Atasi Sesak Napas pada Anak Kecil
(Foto: https://www.cmcmohali.com/doctor/mrigind-singh/)

Sesak napas merupakan kondisi yang terjadi karena adanya gangguan pada sistem pernapasan. Hal ini tidak hanya dialami oleh orang dewasa. Anak-anak pun dapat mengalami sesak napas. Sebagai orang tua, Anda tentu merasa khawatir ketika anak mengalami sesak napas. Nah, berikut 4 Tips Cara Aman Atasi Sesak Napas pada Anak Kecil.

Bantu Anak Merasa Nyaman

Ketika anak mengalami sesak napas, bawa dia ke ruangan yang nyaman. Posisikan tubuh anak agar ia dapat merasa nyaman. Anda dapat menyuruhnya bersandar dikursi atau berbaring agar dapat beristirahat. Selain itu, Anda dapat memeluknya agar ia merasa nyaman dan hangat.

Pijat dengan Lembut

Sesak napas pada anak dapat terjadi karena batuk dan pilek. Anda dapat membantu meredakan sesak napas pada anak dengan mengoleskan balsam atau minyak kayu putih. Oleskan pada leher, dada, dan punggung anak kemudian pijak dengan lembut. Hal ini dapat memberikan kehangatan pada anak dan meredakan sesak napas.

Redakan Gejala yang Muncul

Anda dapat membantu meredakan sesak napas pada anak dengan memperhatikan gejala yang muncul. Jika anak mengalami demam. Anda juga dapat mengompres anak dengan air hangat untuk meredakan demam.

Demikian halnya, jika anak mengalami hidung tersumbat, Anda dapat menggunakan nasal aspirator atau alat pengisap cairan hidung untuk mengisap lendir pada hidung. Selain itu, Anda juga dapat menyediakan wadah yang telah diisi dengan air panas dan menyuruh anak untuk menghirup uapnya. Pastikan air jangan terlalu panas agar kulit tidak melepuh ketika anak menghirup uap air.

Perhatikan Sirkulasi Udara dalam Ruangan

Sirkulasi udara yang baik dapat membantu atasi sesak napas pada anak. Perhatikan dengan cermat, apakah sirkulasi ruangan memadai. Buka jendela setiap hari agar sirkulasi udara maksimal. Anda juga dapat menggunakan humidifier untuk menjaga kualitas dan mempertahankan kelembapan udara.

Beberapa tips di atas dapat Anda praktikkan untuk atasi sesak napas pada anak. Namun jika gejala berlanjut segera hubungi tenaga medis ya.

Demikian 4 Tips Cara Aman Atasi Sesak Napas pada Anak Kecil. Semoga bermanfaat.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *