4 Jenis Komplikasi Karena Tekanan Darah Tinggi

Ngeri! 4 Jenis Komplikasi Karena Tekanan Darah Tinggi
(Foto: https://pixabay.com/id/photos/pria-sakit-hati-sakit-dada-sakit-1846050/)

Menjaga tekanan darah dalam keadaan normal penting bagi kesehatan tubuh. Komplikasi karena tekanan darah tinggi sendiri merupakan kondisi klinis yang terjadi karena meningkatnya tekanan darah tinggi. Seorang penderita darah tinggi akan berisiko menderita berbagai penyakit lainnya. Oleh karena itu, perlu untuk melakukan pengobatan dan mengubah pola hidup agar tekanan darah tidak terlalu tinggi. 4 Jenis Komplikasi Karena Tekanan Darah Tinggi.

Tekanan darah tinggi memicu berbagai macam penyakit lain yang bisa berbahaya bagi tubuh. Berikut ini beberapa komplikasi karena tekanan darah tinggi.

Komplikasi pada Jantung

Tekanan darah tinggi bisa memicu penyakit jantung. Penyakit jantung hipertensi ini meliputi komplikasi hipertensi pada jantung. Fungsi diastolik yang tidak normal umum terjadi pada penderita hipertensi. Ini bisa berbahaya karena menyebabkan penyakit jantung yang tak bergejala sampai memicu gagal jantung. Tanda gagal jantung bisa berupa lelah, sesak napas, mual, nyeri pada abdomen, banyak buang air kecil, dan lain-lain.

Komplikasi pada Otak

Hipertensi menjadi faktor risiko untuk pendarahan otak dan infark otak. Ini menjadi penyebab untuk penyakit stroke. Pengobatan hipertensi dapat menurunkan risiko stroke pada pasien. Gangguan kognitif terkait hipertensi juga dapat terjadi. Demensia atau pikun bisa menjadi konsekuensi dari infark otak. Terapi antihipertensi bisa mencegah gangguan untuk fungsi kognitif ini.

Komplikasi pada Mata

Komplikasi tekanan darah tinggi bisa berdampak pada mata. Orang yang memiliki tekanan darah tinggi bisa mengalami retinopati hipertensi. Penderita hipertensi bisa mengalami kerusakan pada retina dan pendarahan di sekitar retina. Obat untuk hipertensi diperlukan agar dapat mencegah dan membatasi kerusakan yang terjadi pada retina.

Komplikasi pada Ginjal

Hipertensi merupakan faktor risiko untuk penyakit ginjal kronis dan gagal ginjal. Risiko yang berdampak pada ginjal lebih berhubungan dengan tekanan darah sistolik daripada diastolik. Orang kulit hitam pria punya risiko lebih besar daripada orang kulit putih pria untuk penyakit ini. Penderita komplikasi pada ginjal ini perlu segera mendapatkan penanganan medis.

Komplikasi karena tekanan darah tinggi bisa sangat berbahaya dan bahkan memicu kematian. Oleh karena itu, perlu untuk selalu menjaga tekanan darah agar dalam keadaan normal. Penderita hipertensi perlu melakukan pengecekan berkala dan pemeriksaan ke dokter secara rutin.

Demikian 4 Jenis Komplikasi Karena Tekanan Darah Tinggi. Semoga bermanfaat.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *