4 Jenis Bantuan Oksigen Pasien Covid Kenali Satu Per Satunya

Oksigen merupakan bagian dari udara yang keberadaannya sangat penting untuk hidup manusia. Namun sebagian orang tidak bisa menikmati kondisi dapat menghirup oksigen dengan leluasa karena sedang menjalani perawatan, termasuk di antaranya adalah bantuan oksigen pasien Covid. 4 Jenis Bantuan Oksigen Pasien Covid Kenali Satu Per Satunya.

4 Jenis Bantuan Oksigen Pasien Covid Kenali Satu Per Satunya
(Foto: https://pixabay.com/id/photos/oksigen-regulator-tekanan-502887/)

Bantuan oksigen pasien Covid ini memang harus diberikan karena bagi pasien Covid yang memiliki gejala saturasi rendah, harus memperoleh asupan oksigen yang cukup. Tujuan dari bantuan oksigen ini adalah untuk menormalkan kembali kadar oksigen dalam tubuh.

Ada beberapa jenis bantuan oksigen pasien Covid yang bisa diberikan untuk menormalkan kembali kadar oksigen dalam tubuh, yaitu:

Oksigen Cair

Oksigen cari memiliki kadar oksigen yang lebih tinggi dan biasanya disimpan dalam tangki. Oleh sebab itu, dalam penggunaannya haruslah hati-hati karena oksigen cari juga lebih cepat menguap.

Oksigen dalam Bentuk Gas

Selain oksigen cair, ada pula oksigen yang berbentuk gas yang bisa disimpan ke dalam tangki dengan bermacam ukuran. Apabila pasien berada di dalam rumah, bisa menggunakan ukuran tangki yang besar, sedangkan jika pasien memiliki kegiatan aktif di luar rumah, dapat mempergunakan tangki oksigen yang memiliki ukuran lebih kecil.

Untuk tangki oksigen berukuran kecil, dia memiliki alat konservasi oksigen yang berguna untuk mengatur suplai oksigen yang masuk ke dalam tubuh. Jadinya akan meminimalisasi kondisi oksigen habis saat masih berada di luar rumah.

Konsentrator Oksigen

Berbeda dengan oksigen gas dan oksigen cair, konsentrator oksigen bekerja memproses udara dari luar menjadi oksigen utuh lalu membuang komponen lain dari udara yang diambil.

Alat ini terbilang lebih murah dan pemilik juga tidak perlu mengisi ulang tabung oksigen. Akan tetapi, alat konsentrator oksigen ini juga kurang nyaman untuk dibawa kemana-mana.

Terapi Oksigen Hiperbarik

Kondisi ini diberikan dengan menempatkan pasien pada sebuah ruangan yang memiliki oksigen murni dengan tekanan tinggi. Seberapa tinggi tekanannya? Kurang lebih 3-4 kali lebih tinggi jika dibandingkan dengan tekanan udara normal.

Itulah beberapa jenis bantuan oksigen pasien Covid yang bisa dilakukan. Serta untuk bisa memasukkan oksigen ke dalam tubuh pasien juga bisa dilakukan dalam beberapa cara. Adapun caranya ialah dengan nasal cannula, masker wajah. Tidak hanya itu, juga dengan selang kecil yang dimasukkan ke leher depan melalui lubang kecil yang dibuat oleh dokter.

Demikian artikel 4 Jenis Bantuan Oksigen Pasien Covid Kenali Satu Per Satunya. Semoga bermanfaat.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *