4 Cara Mengetahui Nilai Saturasi Oksigen Normal di Tubuh

4 Cara Mengetahui Nilai Saturasi Oksigen Normal
(Foto: https://unsplash.com/photos/DjrtjX-obcE)

Saturasi oksigen saat ini adalah hal yang diperhatikan masyarakat. berikut 4 Cara Mengetahui Nilai Saturasi Oksigen Normal di Tubuh. Hal ini karena saturasi oksigen harus dipantau ketika pandemi Covid-19 seperti ini, dikarenakan pada pasien Covid-19, organ tubuh yang pertama kali diserang adalah sistem pernapasan. Oleh karena itu, sangat penting memantau kondisi saturasi oksigen normal ataukah tidak dalam tubuh.

Meningkatkan Saturasi Oksigen

Saturasi oksigen normal ada pada kisaran 95% ke atas. Apabila kurang dari 95%, maka harus mendapatkan bantuan oksigen. Selain bantuan oksigen menggunakan tabung atau masker oksigen, pasien juga bisa melakukan teknik proning untuk meningkatkan saturasi oksigen.

Teknik Proning

Pasien yang sedang isolasi mandiri di rumah dapat melakukan tekning proning ini, salah satu caranya adalah dengan memosisikan tubuh dalam posisi tengkurap. Kenapa harus tengkurap? Karena saat tubuh tengkurap, kantung udara yang ada dalam paru-paru akan mengembang penuh, sehingga oksigen yang masuk ke tubuh lebih maksimal.

Ada beberapa posisi proning yang bisa dilakukan untuk meningkatkan saturasi oksigen, yakni:

Posisi 1
Letakkan bantal di bawah kepala, kemudian tubuh tengkurap dan kepala menoleh ke salah satu sisi. Selanjutkan selipkan kedua tangan ke bawah dada.

Posisi 2
Letakkan bantal di bawah kepala, kemudian tengkurap dan kepala menoleh ke salah satu sisi. Lalu tekuk kaki dengan sudut 90 derajat. Kaki yang ditekuk harus sama dengan arah kepala yang menoleh. Apabila kepala menoleh ke arah kanan maka tekuk kaki sebelah kanan, begitu juga sebaliknya. Kemudian letakkan bantal lain di bawah kaki yang ditekuk, dan letakkan tangan dalam posisi senyaman mungkin.

Posisi 3
Tengkurapkan tubuh, kemudian letakkan bantal di dua tempat, yaitu di bawah kepala dan di bawah perut. Posisikan kedua tangan berada di sisi bantal.

Posisi 4
Baringkan tubuh ke salah satu sisi, lalu letakkan bantal di bawah kepala. Kemudian letakkan bantal lainnya di sisi tubuh yang menempel di tempat tidur serta di antara kedua lutut.

Itulah 4 (empat) posisi proning yang bisa dilakukan agar oksigen yang masuk ke dalam tubuh meningkat dan saturasi oksigen normal kembali.

Demikian 4 Cara Mengetahui Nilai Saturasi Oksigen Normal di Tubuh. Semoga bermanfaat.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *