4 Cara Mencegah Darah Tinggi Ketika Wanita Hamil

4 Cara Mencegah Darah Tinggi Ketika Wanita Hamil
(Foto: https://pixabay.com/id/photos/tangan-hamil-wanita-jantung-cinta-2568594/)

Mencegah darah tinggi ketika hamil bisa dengan menerapkan pola hidup yang lebih sehat. Hipertensi bisa terjadi pada wanita hamil dan bisa memicu komplikasi. Hal tersebut yang perlu untuk dicegah. Ada beberapa penyebab darah tinggi ketika kehamilan misalnya obesitas, tidak banyak aktivitas fisik, merokok, dan lain-lain. 4 Cara Mencegah Darah Tinggi Ketika Wanita Hamil.

Bagi para wanita, berikut ini beberapa cara mencegah darah tinggi ketika hamil.

Menjaga Berat Badan

Berat badan berlebih menjadi faktor risiko darah tinggi saat kehamilan. Sebelum kehamilan, ada baiknya mempersiapkan diri dengan menjaga berat badan agar tak berlebih. Menerapkan pola makan sehat tidak hanya saat hamil namun sebelum kehamilan.

Saat hamil, normal jika berat badan bertambah. Sebaiknya berkonsultasi ke dokter mengenai penambahan berat badan yang normal ketika hamil. Ibu yang obesitas berisiko hipertensi dan akan berdampak pada kehamilannya.

Menghindari Merokok dan Meminum Alkohol

Rokok yang mengandung nikotin bisa menyebabkan tekanan darah tinggi serta meningkatnya detak jantung. Nikotin yang masuk ke dalam tubuh bisa menyebabkan terlepasnya hormon adrenalin. Ini yang bisa menyebabkan pembuluh darah mengecil dan tekanan darah meningkat. Para ibu hamil sudah seharusnya tidak merokok untuk menjaga kesehatan diri dan janinnya.

Mengurangi Stres

Mencegah darah tinggi ketika hamil bisa dilakukan dengan mengurangi stres. Tak sedikit ibu hamil yang malah mengalami stres. Efek stres bisa menyebabkan meningkatnya tekanan darah. Stres pada ibu hamil perlu dihindari karena bisa berefek pada kesehatan diri dan janin. Mengatasi stres pada ibu hamil bisa dengan memperbanyak aktivitas yang ringan dan meditasi.

Lebih Banyak Bergerak

Ibu hamil masih bisa berolahraga meskipun intensitasnya tidak terlalu berat. Olahraga untuk ibu hamil misalnya yoga, senam hamil, jalan kaki, aerobik ringan, dan sepeda statis. Olahraga bisa mengendalikan tekanan darah normal baik itu bagi ibu hamil atau orang biasa.

Darah tinggi saat hamil memang bisa menyebabkan dampak yang kurang baik bagi janin dan kelahirannya. Para wanita dapat mencegah darah tinggi ketika hamil dengan menerapkan pola hidup yang sehat sejak masih muda. Ketika hamil, dukungan dari suami diperlukan untuk membantu menjaga kesehatan fisik dan mental para istri. Kondisi tubuh dan mental yang sehat akan mencegah tekanan darah tinggi.

Demikian 4 Cara Mencegah Darah Tinggi Ketika Wanita Hamil. Semoga bermanfaat.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *