3 Tips Aman Mengatasi Sesak Napas bagi Ibu Hamil

3 Tips Aman Mengatasi Sesak Napas bagi Ibu Hamil
(Foto: https://i.pinimg.com/564x/8b/09/91/8b099178c7399ddb5258314e4e5bff89.jpg)

Kehamilan membuat seseorang mengalami perubahan baik fisik maupun mental. Beberapa keluhan yang umum dialami adalah mual dan muntah atau dikenal dengan morning sickness. Ibu hamil pun terkadang mengalami sesak napas. Terutama ketika usia kandungan sudah semakin besar. Nah, bagaimana cara mengatasi sesak napas bagi ibu hamil?. Baca: 3 Tips Aman Mengatasi Sesak Napas bagi Ibu Hamil.

Berikut beberapa tips yang dapat Anda coba ketika mengalami sesak di saat hamil.

Hentikan Aktivitas dan Cobalah Relaksasi

Kondisi fisik yang berubah terkadang membuat Anda kesulitan ketika melakukan aktivitas. Anda menjadi lebih cepat lelah. Kelelahan dapat menjadi pemicu sesak napas. Nah, ini merupakan sinyal yang diberikan tubuh agar Anda beristirahat.

Berhentilah sejenak dari aktivitas yang Anda lakukan. Cobalah relaksasi dengan berbaring atau duduk. Hal ini dapat menstimulus tubuh agar sistem pernapasan kembali normal dan melegakan napas. Hal terpenting adalah tetap tenang dan rileks. Karena kecemasan dapat membuat Anda semakin sesak napas.

Terapkan Pola Makan Sehat

Pola makan yang sehat tidak hanya bermanfaat bagi ibu hamil, tetapi juga janin yang dikandungnya. Salah satunya adalah dengan mengurangi makanan yang mengandung lemak dan gula tinggi. Karena makanan tersebut dapat memicu ibu hamil kelebihan berat badan. Berat badan yang berlebih rentan risiko sesak napas pada ibu hamil. Nah, terapkan pola makan sehat untuk mengatasi sesak napas bagi ibu hamil.

Berolahraga secara Rutin

Sesak napas saat hamil dapat dihindari dengan rutin berolahraga. Olahraga dapat membantu memperbaiki sirkulasi pernapasan. Anda dapat melakukan olahraga ringan, seperti berjalan kaki, berenang, atau senam hamil.

Aktivitas berolahraga juga dapat membuat tubuh Anda lebih berstamina dan memperlancar proses persalinan. Jangan lupa, tetap berkonsultasi dengan dokter tentang olahraga yang aman dilakukan sesuai dengan usia kandungan Anda.

Ingat tetap tenang ketika Anda mengalami sesak napas ketika hamil. Tips di atas dapat Anda coba untuk mengatasi sesak napas bagi ibu hamil. Jangan lupa selalu konsultasikan kesehatan dan kondisi kehamilan Anda dengan dokter kandungan.

Demikian 3 Tips Aman Mengatasi Sesak Napas bagi Ibu Hamil. Semoga bermanfaat.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *