3 Jenis Anemia Pada Ibu Hamil yang Perlu Diketahui

3 Jenis Anemia Pada Ibu Hamil yang Perlu Diketahui
(Foto: https://unsplash.com/photos/8r1hxU8OfXA)

Terdapat beberapa jenis anemia pada ibu hamil. Saat ibu hamil anemia, darah tidak memiliki cukup banyak sel darah merah yang sehat untuk membawa oksigen bagi bayi. Kondisi tersebut tentu kurang baik bagi janin dan ibunya.

Sebenarnya cukup normal jika ibu hamil menderita anemia ringan. Namun anemia yang parah akan memberi dampak yang kurang baik sehingga perlu pengobatan yang tepat. Pengobatan anemia bisa dilakukan sesuai dengan jenisnya. Berikut ini jenis anemia pada ibu hamil.

Anemia Defisiensi Zat Besi

Anemia jenis ini terjadi saat tubuh tidak memiliki cukup zat besi untuk memproduksi hemoglobin. Ini merupakan protein yang ada di sel darah merah. Fungsinya yaitu membawa oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh. Pada anemia jenis ini darah tidak membawa cukup oksigen ke jaringan tubuh. Kekurangan zat besi ini menjadi penyebab umum untuk anemia pada ibu hamil.

Anemia Defisiensi Folat

Folat merupakan vitamin yang secara alami terdapat di makanan seperti sayuran hijau. Tubuh memerlukan folat untuk memproduksi sel baru, termasuk sel darah merah yang sehat.

Selama kehamilan, wanita membutuhkan folat ekstra. Namun kadang wanita tidak mendapatkannya secara cukup dari asupan makanan. Kekurangan folat ini bisa berkontribusi pada jenis cacat lahir tertentu dan berat badan yang rendah.

Anemia Defisiensi Vitamin B12

Jenis anemia pada ibu hamil salah satunya berupa defisiensi atau kekurangan vitamin B12. Tubuh membutuhkan vitamin B12 untuk membentuk sel darah merah. Saat seorang wanita hamil tak mendapat cukup vitamin B12 maka bisa menderita anemia. Wanita yang tak makan daging, unggas, produk susu, dan telur memiliki risiko yang lebih besar kurangan vitamin B12.

Ibu hamil yang terindikasi menderita anemia perlu mendapatkan pengobatan agar kondisi tubuhnya membaik. Selain mengkonsumsi suplemen atau obat yang dianjurkan oleh dokter, bisa juga dengan makanan alami. Ada banyak makanan yang bisa membantu untuk mendapatkan asupan zat besi, folat, dan vitamin B12.

Jenis anemia pada ibu hamil tersebut bisa menjadi acuan untuk memperbaiki pola makan. Ibu hamil juga perlu untuk secara teratur memeriksakan dirinya ke dokter. Apalagi jika terdapat keluhan seperti gejala anemia.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *