3 Faktor Penting dalam Melakukan Cara Merawat Ikan Cupang

3 Faktor Penting dalam Melakukan Cara Merawat Ikan Cupang
(Foto: https://pixabay.com/id/illustrations/makro-ikan-cupang-alam-hewan-4639396/)

Ikan Cupang cenderung dapat bertahan hidup cukup lama. Tapi faktanya, orang sering mendapati peliharaan unik ini mati tiba-tiba. Sehingga umurnya hanya mencapai beberapa hari saja. Lebih baik jangan kesal dulu! Bisa jadi ikan tersebut tidak dirawat dengan tepat. Ada 3 Faktor Penting dalam Melakukan Cara Merawat Ikan Cupang. Ini perlu diperhatikan agar sehat dan hidup lama.

Kualitas Air dalam Wadah

Betta Splendens ini sangat sensitif pada kualitas air. Sehingga saat kualitas air berubah, ikan ini langsung merespon. Cupang bisa langsung stress saat terjadi perubahan kualitas air. Karena kadar pH air secara tiba-tiba berubah. Ini membuat ikan kaget, sehingga kesulitan beradaptasi.

Oleh karena itu, penting menjaga kualitas air. Kadar pH yang baik adalah 6 hingga 7. Dengan suhu air sebesar 240 hingga 250 celcius. Agar pH stabil, bisa dimasukkan daun ketapang kering ke dalam aquarium. Bisa juga hanya menambahkan ekstrak ketapang.

Jumlah air dalam wadah atau aquarium juga perlu diperhatikan. Karena dapat mempengaruhi kualitas. Pemberian air yang sedikit dikhawatirkan menguap. Sehingga ikan Cupang akan kekurangan air. Untuk itu, harus menambahkan air kembali. Ini rutin dikerjakan 3 kali sehari. Asal, pantau selalu kondisi air di dalam wadah.

Makanan Ikan Cupang

Pakan alami maupun buatan bisa diberikan pada ikan air tawar ini. Saat memberikan pakan alami, mata yang melihat akan takjub dengan keindahan. Karena ikan akan bergerak menuju makanannya. Cupang akan mengejar pakannya. Gerakan ini menyebabkan ekor dan siripnya bergoyang.

Jika tidak ingin repot, bisa memberi pakan buatan. Keunggulannya, makanan ini dapat disesuaikan kandungannya. Sehingga dapat digunakan untuk tujuan tertentu. Seperti menampakkan warna dan meningkatkan pertumbuhan.
Pencegahan terhadap Penyakit

Ikan berkarakter agresif ini akan cepat mati saat terserang penyakit. Untuk itu, penting menjaga kesehatan ikan. Lebih baik pencegahan dilakukan saat menerapkan cara merawat ikan cupang. Memasukkan garam ikan ke dalam wadah dapat membunuh kuman dan bakteri. Berikan juga obat anti jamur secukupnya.

Cara merawat ikan cupang menitik beratkan pada kecermatan dan hati-hati. Karena saat pemilik lengah, maka ikan bisa mati seketika. Tentu hal ini sangat disayangkan. Selalu ingat untuk memantau setiap perubahan pada peliharaan.

Demikian 3 Faktor Penting dalam Melakukan Cara Merawat Ikan Cupang. Semoga bermanfaat.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *